Urgensi Tarbiyah Islam (3)

Posted: November 2, 2011 in Uncategorized

2.2 Tonggak/Penopang tarbiyah Rasulullah SAW
Sebagai tonggak/penopang tarbiyah Rasulullah SAW berfokus kepada 2 hal yaitu:
1. Langsung (dengan kalimat-kalimat yang diucapkan)
2. Tidak langsung (dengan keteladan)

1. Langsung (dengan kalimat-kalimat yang diucapkan)
Kalimat yang diucapkan oleh Rasulullah SAW kepada para sahabatnya dapat mempengaruhi pemikiran para sahabat serta menggerakkan para sahabat untuk dengan sukarela mengikuti apa yang diarahkan Rasul tanpa mereka sendiri merasa dipengaruhi.

3 hal penting yang menjadi fokus untuk metoda langsung ini yaitu:
a. Memahamkan islam dengan utuh
b. Mempengaruhi sampai tingkat pola pikir
c. Menggerakkan

a. Memahamkan Islam dengan utuh
Untuk dapat memahamkan islam secara langsung maka perlu diperhatikan teknik komunikasi yang Rasulullah ajarkan, yaitu:
1) Artikulasi
Artikulasi yang terdengar ketika menyampaikan materi/bahasan kepada audiens yaitu jelas, terdengar, tidak samar-samar dan audiens dapat mengetahui maksud yang disampaikan.
2) Metoda berbicara
Metoda Rasul dalam memahamkan islam kepada para sahabatnya dengan metoda dialog dimana para sahabat merasa dilibatkan walau beliau (Rasul) sedang menerangkan /menyampaikan arahan.
Selain metoda dialog, Rasul juga menggunakan metoda orasi, tapi metoda ini dilakukan hanya pada khutbah jum’at dan idul adha. Rasul menghindari penggunaan bahasa-bahasa yang rumit dalam menyampaikan dakwahnya.
3) Intonasi
4) Konten/ isi/ muatan
Rasul menyampaikan dakwahnya sesuai dengan tingkat pemahaman para sahabat, selain itu Rasul juga fokus saat berdialog dengan para sahabat.

b. Mempengaruhi sampai tingkat pola pikir
Kalimat dakwah yang Rasul sampaikan kepada para sahabat mampu mempengaruhi pola pikir sahabat sehingga para sahabat mengikuti apa yang disampaikan oleh Rasul dan menganggap islam bukan hanya agama tapi minhajul hayah (jalan hidup). Pada tingkatan ini, ada kemampuan seorang murabbi untuk mengubah pola pikir mutarabbinya sehingga dengan sukarela mengikuti pada yang disampaikan murobbinya.
Kata-kata itu hidup, berjiwa, sehingga ketika masuk dalam pola pikir maka akan mempengaruhi pola pikirnya. Orang-orang yang berbobot adalah orang yang punya “isi” dikepalanya, inilah yang dinamakan pola pikir. Arahan dari perubahan pola pikir yang sudah terpola ini dinamakan fikroh. Hal inilah yang membuat tarbiyah berbeda dengan taklim biasa.
Fathi Yakan dalam bukunya “isti’ab” mengatakan kemampuan dakwah ukurannya yaitu bisa mengubah pola pikir seseorang tanpa orang tersebut merasa dipengaruhi.
Jika kita tidak pernah merasakan lezatnya tarbiyah (berjuang di jalan dakwah) maka kata-kata yang kita sampaikan tidak bisa menyelusup ke dalam jiwa. Apa yang disampaikan dari hati (kata-kata berjiwa) maka akan sampai ke hati.

c. Menggerakkan
Kekuatan kalimat Rasul mampu menggerakkan para sahabat untuk menjalankan apa yang sudah Rasul sampaikan. Tarbiyah itu menggerakkan mutarabbi untuk menjalankan tarbiyah itu sendiri karena tujuan tarbiyah adalah untuk menghasilkan SDM (sumber daya manusia) yang unggul. Tanpa merasa dipaksa atau didoktrin, mutarabbi rela untuk bergerak sesuai dengan pola pikir yang sudah terbentuk. Konten atau isi tarbiyah merupakan salah satu poin penting yang dapat mampu menggerakkan mutarabbi.

2. Tidak langsung (dengan keteladan)
Qudwah merupakan keteladanan yang menginspirasi orang lain untuk menduplikasi murobbi, keteladan ini bermula dari penjiwaan. Qudwah sudah melekat dalam diri, bukan berupa rekayasa, ada dalam keseharian hidup (bukan seperti sedang bermain peran) sehingga Qudwah ini bisa menginspirasi orang lain.
Hidup di lingkungan tarbiyah berbeda dengan kehidupan di lingkungan biasa. Tarbiyah tidak hanya berada dalam tataran teori tapi juga aplikasinya dalam kehidupan nyata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s