Hendak kemanakah arah kematianku nanti… (poem)

Posted: May 23, 2010 in Uncategorized

oleh : Fatimah Ali Salsabila

Bismillahirrohmanirrohiim…

Puisi ini kutulis ketika ku melihat berbagai peristiwa kematian, akhir hidup seorang insan. Ada yang subhanallah, karena Allah ridho akan amalnya, jenazah lelaki sholeh itu utuh selama kurang lebih 27 tahun, bahkan rayap serta cacing tanah pun enggan melahap kain kafannya… kemudian kematian ayah saudara imanku, subhanallah, Allah begitu memudahkan prosesi pemakamannya, seakan sang jenazah enggan berlama-lama dan tak sabar untuk bertemu Tuhannya.. subhanallah… tak terasa diri ini terhenyak…diri ini terlalu terlena dengan cinta semu, tanpa sadar bahwa kematian itu dapat terjadi kapan dan dimana saja. Amal apakah yang sanggup kupersembahkan untuk Tuhanku…ikhlaskah aku akan amalku, ataukah aku hanya berlindung dibalik jilbab besarku…sungguh Qalbu ini bersedih…apakah dengan Islamku ini maka Qalbu ini sudah Islam, apakah insan disekitarku sudah merasakan Islamku ini,apakah aku layak disebut “akhwat”…..akh, sungguh tak sanggup hati ini…ternyata aku sama saja dengan mereka,bedanya aku bisa bersembunyi dibalik hijabku ini, sungguh aku malu ya Allah…Ighfirly ya Allah, ana fakir ilaik…

Hendak kemanakah arah kematianku nanti…

Hari-hariku biasa

Tak ada yang istimewa

Pergi bekerja

Pulang membawa penat dan lelah di jiwa…

Penghujung pekan

Berkumpul dengan saudara seiman

Aktivitas dilakukan

Tapi ikhlaskah aku…………….

Hari-hariku biasa

Tak ada yang istimewa

Perubahan besar apakah yang sudah kucapai

Kulihat-lihat belum ada…

Ketika kududuk di depan layar terpaku

Kadang mengerjakan sesuatu yang tidak perlu

Lihatlah nun jauh disana

Insan beriman sibuk mentadabburi AlQuran

Sibuk melaksanakan firman suci AlQuran

Tidak hanya kata, tapi jiwa dan raga

Bahkan dengan nyawanya…

Ketika dalam kesendirianku

Kusibuk memikirkan siapa pendampingku

Lihatlah nun jauh disana

Mujahidin mujahidah sibuk dengan senjatanya

Berusaha membela agar Islam tetap jaya

Hendak kemanakah kematianku nanti

Akan kah seperti insan sholeh itu…

Khusnul khotimah………

Ya Allah, ampuni ku yang lalai ini…

Ampuniku yang ternyata belum mampu memaknai keberadaanku di dunia ini

Ighfirly ya Allah, ana fakir ilaik…………………………………………

Leave a comment